Umurku 12 minggu sekarang, panjang badanku sekitar 8 sampai 9,3 cm dengan berat tubuhku hampir 25 sampai 45 gram. Aku diliputi rambut halus yang disebut lanugo. Hati, pankreas, dan limpaku sudah berfungsi. Tinggal; 26 minggu lagi!

Trimester kedua

Trimester kedua merupakan tahapan paling nyaman di dalam 3 jenjang kehamilan. Keluhan-keluhan Ibu akan menghilang dan selera makan Ibu kembali normal. Yang paling menyenangkan di trimester ini adalah Ibu dapat merasakan gerakan janin. Berat badan Ibu akan mulai bertambah dan orang di sekitar Ibu akan menyadari bahwa Ibu sedang hamil.

Minggu 14 : Lihat Jenis Kelamin Janin Anda

Janin :

Panjang janin dari kepala ke bokong saat ini berkisar 80 – 93 mm dengan perkiraan berat badan hampir 25 – 45 gram.

Janin Ibu sekarang sudah mulai belajar membuat ekspresi di dalam rahim. Menyipit, berkerenyit, menyeringai, dan bahkan menghisap jempolnya. Berkat impuls atau rangsangan dari otaknya, otot wajah janin sudah dapat bekerja menghasilkan berbagai macam ekspresi wajah.

Akhir minggu ini, lengan janin akan tumbuh dengan ukuran yang proporsional sesuai dengan panjang badannya dan janin akan bergerak lebih aktif. Hati janin akan mulai membentuk cairan empedu, pankreas mulai menghasilkan insulin, dan limpa janin sudah membantu menghasilkan sel darah merah. Leher janin akan bertambah panjang dan membantu kepala janin untuk berposisi lebih tegak. Ketika lahir nanti, ukuran kepala bayi hanya ¼ dari panjang badan. Rambut halus yang disebut lanugo juga sudah didapatkan di muka dan tubuh janin sampai lanugo menghilang menjelang kelahiran. Lanugo berfungsi untuk menjaga temperatur tubuh janin untuk menggantikan peran lemak tubuh sementara.

Akhir bulan ke-3, lipatan uretra menutup dan membentuk saluran uretra (saluran kemih). Saluran ini akan terbuka sampai ujung pada akhir bulan ke-4. Hipospadia adalah keadaan akibat lipatan uretra tidak menyatu sempurna sehingga muara uretra tidak berada di ujung penis namun di dorsal penis.

Tunas-tunas untuk gigi tetap terletak pada permukaan lingual gigi susu dan dibentuk selama perkembangan bulan ke-3. Tunas tersebut tetap tidur hingga kurang lebih 6 tahun setelah lahir. Kemudian tunas-tunas gigi tetap ini mulai tumbuh, sambil mendorong sisi bawah gigi susu yang bersangkutan dan membantu perlepasannya.

Ibu :

Kehidupan Ibu sudah nyaris tanpa keluhan kehamilan. Selamat datang di trimester kedua Ibu! Pada trimester ini risiko keguguran sudah berkurang dan peningkatan berat badan sudah mulai didapatkan. Terkadang beberapa orang menyebut trimester kedua adalah Bulan Madu di kala kehamilan karena energi Ibu yang sudah kembali normal, berkurangnya keluhan muntah, dan meningkatnya rangsang libido. Rahim Ibu yang sekarang sudah berada sedikit di atas tulang pubis atau sekitar 10 cm di bawah pusar sudah terlihat membesar dari luar, menunjukkan adanya suatu bukti nyata kehidupan yang sedang bertumbuh di rahim.

Laki-laki, perempuan, atau Ibu memutuskan jenis kelamin sebagai kejutan saja saat melahirkan nanti? Banyak orangtua yang memilih untuk mengetahui jenis kelamin dari anak mereka sewaktu masih di kandungan. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG guna mengetahui jenis kelamin anak Ibu. Jika pasangan orangtua memutuskan sabar menanti kelahiran untuk mengetahui jenis kelamin bayi, maka jangan lupa memberitahukan kepada dokter yang memeriksa untuk mencegah sang dokter memberitahukan kepada Ibu secara tidak sengaja ketika melakukan pemeriksaan USG.

Untuk beberapa wanita, efek samping dari pertumbuhan rahim adalah nyeri ligament bundar. Nyeri ligament Bundar adalah rasa nyeri tajam di satu atau kedua sisi perut yang terjadi karena meregangnya ligamen penunjang rahim. Rahim ditunjang atau digantung oleh pita ligamen tebal yang berada dari regio inguinal (selangkangan) sampai ke abdomen (perut). Ketika rahim membesar karena kehamilan, ligament penunjang tersebut teregang dan menipis guna menjaga pembesaran rahim. Nyeri ini umum terjadi bila Ibu merubah posisi tiba-tiba, berdiri dari posisi duduk atau berbaring, dan ketika batuk. Cara terbaik mengatasinya adalah berbaring dalam posisi nyaman dengan kaki diangkat lebih tinggi.

Pada Ibu hamil terdapat retensi atau peningkatan kadar cairan di mata yang menyebabkan penebalan dari kornea sehingga pandangan Ibu menjadi sedikit kabur.

Tips : Perlukah Ibu melakukan Amniosintesis?

Apakah Ibu termasuk di dalam kehamilan risiko tinggi atau memiliki faktor risiko kelainan genetik atau kromosom? Jika iya maka Ibu sebaiknya mendiskusikan pemeriksaan amniosintesis serta pemeriksaan AFP (alfa fetoprotein) bersama dokter.

Amniosintesis adalah tes prenatal yang dilakukan antara usia 15 – 20 minggu. Keakuratannya berkisar 99% di dalam mendeteksi kelainan kromosom, seperti Sindrom Down. Pemeriksaan amniosintesis juga dapat dilakukan untuk mendeteksi kelainan genetik seperti fibrosis kistik, Sickle Cell Anemia, Tay-Sachs, dan kelainan neural tube (seperti spina bifida dan anencefali-tidak memiliki tulang tengkorak). Karena amniosintesis merupakan tindakan yang invasif (jarum yang tipis dan panjang dimasukkan ke dalam kantong amnion dan sedikit cairan ketuban diambil untuk dianalisa) dan memiliki risiko peningkatan angka keguguran (o,5%), wanita yang melakukannya adalah mereka yang memiliki faktor risiko untuk kelainan kromosom dan genetik.

AFP sendiri merupakan protein yang ditemukan dalam jumlah meningkat di air ketuban. Jumlah AFP dapat diukur dengan memeriksa darah Ibu. AFP yang abnormal mengindikasikan kelainan seperti yang disebutkan di atas. Amniosintesis dan pemeriksaan AFP sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tips: Radiasi bagi Ibu hamil

Tidak ada jumlah sinar radiasi yang aman untuk janin. Cara paling aman adalah menghindari radiasi seperti pemeriksaan roetngen x-ray, CT-scan, dan MRI. Bahaya pada janin adalah meningkatnya risiko mutasi dan risiko kanker. Apabila Ibu memang memiliki indikasi untuk melakukan pemeriksaan tersebut maka pastikan petugas kesehatan mengetahui kehamilan Ibu. Sebelum melakukan pemeriksaan ini konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Ibu.